Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format
RSS
Container Icon

BANJIR, KOSAN BUJANGAN, DAN TRANSJAKARTA

Oke, pertama-tama gue mau kasih tau satu hal. Jakarta bisa macet bukan semata-mata karena pengemudi yang ga sabar atau volume kendaraan yang sebenarnya udah melebihi kapasitas jalan. TAPI kemacetan bisa juga disebabkan karena BANJIR. Whoaaa BANJIR? Why it could be happen?
Yap, banjir telah melumpuhkan jakarta tepatnya pada tanggal 3 april 2012, hari selasa waktu itu. Gue keluar kelas setelah mata kuliah Civics dan Civic sekitar pukul 16.30. Waktu itu diluar cuacanya emang lagi ekstrim, gemuruh guntur dan hujannya juga lumayan lebat, bahkan berasa sampe dalam kelas (iyalah ujan-ujan AC nya rendah banget derajatnya). Tapi beberapa menit kemudian hujannya berenti coba. What an extreme rainy day it was! Akhirnya gue memutuskan pulang sebelum akhirnya hujan (lagi). Gue pulang sama ay*, temen satu kelas dan satu arah pulang. Kalideres, jakarta barat. Well, ga ada feeling ga enak waktu itu, biasa aja. Cuma ngerasanya kok ya udah malem banget, soalnya gelap gitu. Gue positive thinking aja kan, paling cuma di jakarta timur aja yang kaya gini. Biasanya kontras sama di jakarta barat soalnya.



Di transjakarta, ya gue juga biasa aja karena cukup lancar meskipun yaaa itu armada transjakarta ditungguin kok ngelelet banget kaya siput. Dan yang pasti setelah sampe di harmoni waktu itu pas adzan maghrib. Seperti biasa, antrean panjang (aja), kalo antrean nya ga panjang namanya bukan antrean harmoni-kalideres as koridor 3. Yap, panjang dan LAMA! Tapi akhirnya ada juga, dan seperti biasa, PAM transjakarta (pramugara nya si Transjakarta) mempersilahkan penumpang masuk (PELAN-PELAN), mulai deh terdengar jerit ibu-ibu dan desak para penumpang yang cape setelah beraktivitas, dicampur lagi Transjakarta yang lenje banget datengnya. Seperti biasa juga petugas-petugas yang berjaga di tiap pintu penaikan dan penurunan bergumul dengan perkataan mereka yang sudah gue hapal diluar kepala. Gini nih, “ya, ayo dimanfaatkan aja armada nya, lama lagi ini! Yang didepan kalau ga mau naik jangan nahan ayo! Lama lagi ini, kalo ga mau naik, naik taksi aja! LAMA LAGI INI BANJIR YA HABIS HUJAN!” Jegerrrrrrr!
Kalo sebelumnya kata-katanya “LAMA LAGI INI, LAGI ADA DEMO DI GROGOL” atau gini “LAMA LAGI INI ARMADANYA, BBG NYA SEDANG TROUBLE” atau gini ni “LAMA LAGI INI MOBILNYA, MACET YA DI ROXY” sekarang ganti jadi “LAMA LAGI INI BANJIR, HABIS HUJAN!” what! Sebenernya rada sepele sih ya didengernya, dan untung gue dapet duduk waktu itu “lumayan nih bisa rebahan bentar” pikir gue sepintas, maklum kalo udah cape gitu enaknya memanfaatkan kesempatan ya kan. Haha.
Macet sih dikit di daerah Roxy Mas waktu itu, setelah grogol lancar, dan KOK GA LEWAT FLYOVER PESING yah? Malah lewat jalur bawah DAN MACET CET CET -.-
Mulai deh curiga. Banyak desas-desus dari mulai ada yang kecelakaan sampe yang bilang pohon tumbang. Emang pohon tumbangnya segede apa kali, kok bisa di Flyover ikutan macet juga?! Akhirnya hujan turun lagi, dan transjakarta yang gue tumpangin berhenti. Berhenti. Dan ga jalan-jalan. Bener kali ada pohon tumbang, atau ga bener kali ada yang kecelakaan. Tapi sudah 1,5 jam ga jalan-jalan juga. Glekkk. Temen gue ay* udah ditelponin terus sama babeh dan nyak nya, gue mah boro-boro hahaha, tapi tetooot pulsa dia abis dan gue kasih henpon gue buat nelfon ortunya buat minta jemput sekalian minta dikirimin pulsa. Tapi karena si traja ini tetep ga jalan sedikitpun dan si ay* udah ga bisa nahan buang air kecilnya, jadilah gue harus turun demi nemenin temen gue yang satu ini, niat mau keluar tapi ga ada petugas PAM nya dan akhirnya loncat lewat pintu pramudi. Hahaha. Pas keluar, hujan. Cari pom bensin tapi ga ada, masih jauh disana. Well, gue yang emang dasarnya bawel dan ga malu nanya, jadi nanya ke warga Kalimati, Taman Kota. Ga ada toilet umum neng disini mah. Yap itulah jawaban-jawaban yang mengecewakan kita berdua. Disana pake banjir pula, dan gue terpaksa harus jinjing rok span gue tinggi-tinggi dengan baju basah kuyup. Sekalinya ketemu toilet, toiletnya ada di KAMAR KOS BUJANGAN! What the zinggg! Tapi apa boleh buat, gue maunya tunggu diluar biar pas si ay* di toilet ga ada satu diantara 3 bujangan itu yang ikutan masuk ke kamar (padahal itu kamar mereka yak, haha) tapi si ay* tetep kekeuh minta ditemenin, jadilah gue masuk dan terpaksa menghirup aroma rokok dan aroma khas kamar bujangan. Oh God -.-


Setelah keluar dari situ, ke-3 bujangan itu tetep aja centil ala bujangan-bujangan kesepian. Pulanglah kami, dan gue tetep harus menjinjing tinggi-tinggi rok span hitam gue. Ckck! Niatnya ini rok mau gue lepas buat jadi payung, tapi udah terlanjur basah juga yasyudaaah batal haha. Akhirnya nunggu di halte taman kota, dan si ay* mulai nelfonin bokapnya lebih sering lagi dibanding waktu masih di transjakarta, namun kali ini lebih tenang karena udah ga nahan-nahan “sesuatu”. MAUNYA SIH NAIK ANGKOT ATAU KOPAJA, TAPI GAK ADA SATUPUN KENDARAAN LEWAT! Yang banyak ya pejalan kaki. Gue mulai mikir ini pasti ada yang gak beres nih. Mana ada pohon tumbang yang nutupin 2 jalur jalan gini. ITU POHON APA MONAS SIH YANG TUMBANG! -__-
Akhirnya gue dan ay* memutuskan jalan kaki sampai waktu dan tujuan yang tidak ditentukan. Makin kesana makin sepi ga ada kendaraan lewat, dan makin kesana makin kerasa BANJIR nya, makin kesana juga makin SELUTUT TINGGI BANJIRNYA! Oke, gue tau! Bukan ada kecelakaan atau pohon tumbang, tapi ada kali dadakan di sepanjang jalan daan mogot.
Si ay* lebih sering lagi nelfonin bokapnya dan bokapnya dari tadi di cengkareng aja, ga move on move on (berasa putus cintaà mulai galau). Gilak, udah nyaris 45 menit lah gue jalan NYEKER PULAK!. Liat jam, dan tetotttt pukul 21.16 WIB heyyy besok gue UTS matkul UUD 1945 dan perbandingan konstitusi. Huuuuum tapi gue ga putus asa, meskipun didepan gue udah mulai keliatan MOTOR MOBIL KONTAINER NUMPUK DISATU SISI. Jegerrr! Ini dia! Ini dia puncaknya. Hoahhh iya jelas aja banjirnya selutut men! Nyaris sepaha! Udah ga keliatan lagi mana saluran air, mana sawah, mana jalan raya, mana jalur busway, mana sepatu karet gue pake hanyut! Rata!  Dan gue sempet-sempetnya foto-foto. Haha maklum karena gue niat banget ngepost ini di blog. Tapi perjuangan ga berhenti disitu. Makin kesana makin harus berjuang lewat dan nyempil-nyempil motor, karena ASLI ga ada celah buat bisa lewat. MUNGKIN INI KIAMAT KECIL DI JAKARTA, khususnya di JAKARTA BARAT -__-
Liat jam lagi, tetotttt pukul 22.15 APA-APAAN INI! PERAWAN MASIH JALAN DI JALAN RAYA JAM SEGINI! Siapa juga yang mau yakan! Hopt. Okeh, akhirnya sedikit lagi gue nyampe ke tempat bokap nya si ay* jemput, gue pengen minta cengtri karena gue dijemputnya di bawah JORR Cengkareng. Tapi, si ay* makin sering nelfonin bokapnya karena mereka ga ketemu-ketemu juga! Luas banget kayanya yak jalan daan mogot hahaha. Setelah sekian lama, dan sekian pulsa yang habis akhirnya ketemulah mereka, berasa abis nyari orang ilang kayanya itu bokapnya si ay* kesian nunggunya lumutan, dan kesian anaknya banjir-banjiran haha. Akhirnya bisa duduk juga bentar di jok motor bertiga haha. Baru 5 menit kali, gue turun dan sekarang gue yang bertarung sama bokap gue karena ga ketemu-ketemu juga gue sm bokap gue haha! Pas ketemu bokap muntah petuah, “(sensor) banget sih! Dibilang disini malah kesana! Makanya bawa payung! (buat apaan, buat terbang lewatin banjir?” lalu gue diem aja dan hanya menjawab, “yaudah marah-marahnya nanti aja dilanjutin dirumah, lagi kedinginan ini anaknya juga.” Hyuuuh kebalik banget sama si ay* yang gara-gara geregetan jadi marah-marah sama bokapnya haha, gue malah dimarah-marahin. TAPI YANG PENTING SAMPE RUMAH, BANJIR JUGA, DAN BELAJAR!
Besoknya, gue kira udah normal, TAPI JUSTRU TRANSJAKARTA GA BEROPERASI WAKTU ITU. HADOH KALO GUA GA ADA UTS, GUE GA KULIAH DAH HARI ITU! Dari situlah gue rapat keluarga buat boleh ngekos. Haha tapi sayang kalo ngekos, orang kuliah just 4 days.
Well, akhirnya gue sampe kampus dengan selamat. Dianter bokap sampe harmoni, lewat pasar pesing dan itu macet banget nget karena semua orang lewat jalur itu. Just harmoni, dan itu artinya gue harus berjuang lagi naik transjakarta ke matraman dan ke UNJ. Sampelah dikampus, MESKIPUN TELAT DIKIT.
Bila ada kata-kata kurang berkenan, tolong jangan dimasukin hati, masukin kantong, kali aja berubah jadi barang ajaib. *apasih ga jelas *PLAK!



Yeah, SEKIAN WAKTU, SEKIAN TENAGA, DAN SEKIAN TERIMA KASIH untuk sekedar sight seeing di blog gue :*

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar